Mana Kebutuhan, Mana Keinginan

πŸ’‘πŸ’ΈπŸ’‘πŸ’ΈπŸ’‘πŸ’ΈπŸ’‘πŸ’ΈπŸ’‘πŸ’ΈπŸ’‘πŸ’ΈπŸ’‘
*MENDIDIK ANAK CERDAS FINANSIAL SEJAK DINI*
With Shafaa πŸ‘©‍⚕️ 6 thn

⚠️Mana Kebutuhan, Mana Keinginan⚠️

Hari ini aunty Nita menikah sehingga jadwal pengenalan tentang kebutuhan dan keinginan berlangsung dalam mobil dalam perjalan menuju acara.
Aku telah mempersiapkan sebuah buku notes kecil beserta sepidol warna warni milik Shina, kakak Shafaa.
Selama perjalanan perbincangan kami tentang kebutuhan dan keinginan cukup hangat, tentu saja diawali dengan pertanyaan pancingan kepada Shina, kakak Shafaa yang sudah mengerti tentang kebutuhan.
"Sandang, pangan, papan" itulah kebutuhan pokok yang diuraikan Shina, dilanjutkan dengan uraian panjang tentangnya.
Pada akhirnya aku menambahkan "Jadi kira-kira kebutuhan pokok itu, semua yang harus ada, kalau tidak ada kita bisa mati, sakit atau tidak dapat berbuat apa apa" sambil berkata aku melirik Shafaa yang hanya diam.
"Contohnya travel, mama ga bisa jual tiket kalau ga ada signal atau paket data jadi itu kebutuhan mama" aku mencoba mencontohkan kegiatan yang aku lakukan dan sering Shafaa saksikan.
"Sedangkan keinginan, seperti mama ingin makan mie ayam, kalau tidak makan juga tidak apa apa karen mama sudah makan di rumah, mie ayam nya bisa ditunda lain waktu" lanjut ku.

Aku kemudian mengeluarkan note kecil dan spidol, kemudian meminta Shina dan Shafaa membuat list kebutuhan dan keinginan.
πŸ’– List Kebutuhan Shafaa
✔Pinsil 2
✔Buku 2
✔Penghapus 1
✔Buku Gambar 1
Karena Shafaa menulis list di dalam mobil sehingga untuk keinginan Shafaa menyebutkan dengan mata berbinar "Shafaa mau nonton film di XXI". Aku tahu kakak Shina sudah bercerita tentang film anak-anak yang ada di televisi.
"Boleh nonton kalau kebutuhannya sudah terpenuhi dan uang Shafaa masih cukup untuk beli tiket nonton yaaa" jawab ku dengan senyum.

πŸ’‘πŸ’ΈπŸ’‘πŸ’ΈπŸ’‘πŸ’ΈπŸ’‘πŸ’ΈπŸ’‘πŸ’ΈπŸ’‘πŸ’ΈπŸ’‘
#Tantangan10Hari
#Level8
#KuliahBunsayIIP
#RejekiItuPastiKemuliaanYangDicari
#CerdasFinansial

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengulang yang Kemarin