Pemuda- Kisah Ashabul Kahfi

๐ŸŽBincang Kisah with Saddam (15 th)๐ŸŽ

๐ŸŒŒPemuda- Kisah Ashabul Kahfi๐ŸŒŒ

"Bang, bagaimana tuh ceritanya kisah Ashabul Kahfi?"
"Mama sudah tahu tapi pura-pura lupa ya?"
"Bukan lupa, tapi agak lupa"
"Ada tugas IP ya ma...."
"Hehehe... iya sih, yuk... obrolin lagi 7 pemuda Ashabul Kahfi"
"Oke... tapi kasih info dulu tugasnya apa"
Terdengar Shina, adik perempuan Saddam bersenandung lagu Raihan yang berjudul Ashabul Kahfi.
๐Ÿ”œ
Tepat waktu janjian aku langsung mendatangi kamar bang Saddam putra sulung ku dan saling merefresh kisah ashabul kahfi, ternyata kisah yang teringat masih seperti kisah anak anak yaitu tentang 7 pemuda yang dipaksa menyembah tuhan selain Allah, mereka tidak mau menuruti perintah raja kemudian bersembunyi lalu tertidur di dalam goa kemudian terbangun ketika rajanya sudah berganti. 7 pemuda itu tertidur selama 300 tahun.
Lucu juga mendengar anak ku berkisah tentang cerita masa kecilnya.
"Ini bang... tadi mama googling dan dapat kisah lengkapnya, cukup detail". Aku melihat Saddam mengambil posisi duduk dibawah tempat tidur ketika aku tiduran dikasurnya.
Aku pun mulai berkisah ....
"Jadi begini... ternyata dulu itu lokasi terjadinya kisah ashabul kahfi di kota Thurthus daerah Romawi dipimpin oleh raja yang shaleh, tapi ketika wafat, tersebar berita kematiannya, lantas terdengar oleh seorang raja dari Persia yang bernama Diqyanus, langsung deh si raja kirim bala tentara untuk menguasai kota, berhasil kota masuk sebagai kerajaannya, dan langsung bangun istana megah.”
Aku berhenti sejenak, Saddam tekun mendengarkan seperti ketika masih kecil dulu.
"Lalu ma... lanjut" pinta Saddam.
" Nah ketika memimpin, raja jadikan enam pemuda dari kalangan ulama sebagai menteri-menteri, enam pemuda ini yang kemudian jadi terkenal"
"Enam pemuda itu jadi menterinya raja toh?" Saddam menanggapi, aku jawab dengan anggukan kecil.
"Sang raja, dia ajak menteri dan rakyatnya untuk menyembah kepada dirinya, wajib mengakui  dia sebagai tuhan, yang bersedia  akan diberi hadiah dan hak istimewa, sedangkan yang tidak mau, disiksa dan dibunuh
pasukan Persia telah siap akan membunuh"
Ceritapun berlanjut sampai ke kebiasaan 6 pemuda yang sering berkumpul untuk berdiskusi, kemudian merencanakan untuk keluar dari kota dan bertemu seorang penggembala dan seekor ajing peliharaannya. Jadilah mereka 7 pemuda yang kemudian pergi menghidar dari raja.
Kisah berlanjut sampai 7 pemuda itu terbangun setelah tertidur selama 309 tahun dan kemudian salah satu pemuda yang bernama Tamlikho, pemuda yang cerdik diutus untuk pergi berbelanja makanan ke pasar, kemudian dipaksa menghadap raja yang saat itu memerinta untuk memberi kesaksian atas cerita jujurnya, bahwa mereka telah tertidur selama 309 tahun, sampai pada ending cerita yaitu keikhlasan para pemuda untuk dicabut nyawa mereka agar tidak mengakibatkan kehebohan"
Sehabis berbincang kisah abang makan dan ingin melanjutkan perbincangan.
๐Ÿ”œ
"Mengapa mama ambil kisah ini untuk pertama kali, padahal banyak kisah lain"aku mencoba membuka obrolan kami.
"Karena nge top ya ma..."jawab Saddam sambil senyum lebar
"Kira-kira tokoh utamanya siapa?" Tanya ku
"Ya ..7 pemuda" jawab Saddam singkat pake bingung
"Yeap... 7 pemuda.... pemuda.. seperti abang" jawab ku
"Mereka teguh pada apa yang mereka yakini yaitu tuhan adalah Allah bukan sang raja"
Saddam menyimak.
"Itu pemuda loh... ayah mereka malah tidak begitu,  iman itu tidak tergantung umur, malah kebanyakan pemuda yang masih murni pikirannya belum ada kepentingan dibandingkan orang yang sudah tua. Jadi kalau mau bertakwa harus dari sekarang jangan tunggu tua, kita tidak tahu umur kita... apalagi yang bisa di ambil pelajaran bang ?"
"Kekuasaan Allah" jawab Saddam
" ya betul... tapi karena apa?"
"309 tertidur,pintu goanya tidak kelihatan lagi" jawab Saddam
"Kalau di cerita ini mungkin jelasnya itu ya, karena ajaib gitu ya... tapi sebenarnya tanda kekuasaan itu luas abang bisa bernafas, bisa tidur lalu bangun lagi, siang dan malam, tambah besar kita malah ga liat tanda yang sering ada ini ya..."aku berbicara dan Saddam mengangguk sambil tertawa
"7 pemuda ini rajin berdiskusi, begitu harusnya pemuda, habiskan waktu dengan hal positif, berdiskusi membuka wawasan dan terus belajar"
"7 pemuda ini memutuskan untuk menghindar dengan bersembunyi di goa karena hanya sebagian kecil yang berkeyakinan seperti mereka, keselamatan mereka terancam. Ketika berhadapan dengan situasi yang berbahaya seperti ini, menghindar adalah tindakan yang tepat. Diajak gabung sama teman yang rusak akhlaknya atau tawuran, lebih baik menghindar" aku mulai serius
"Dari mana kita bisa tau tindakan yang kita ambil tepat atau situasinya membahayakan kita?" tanya ku pada Saddam
"Harus belajar, mengerti dulu biar tau tindakan yang tepat" jawab Saddam
"Naaah... jadi jangan bosan belajar, dari lingkungan dan dari teman kita bisa belajar, seperti pemuda ashabul kahfi"aku menyambung
"Satu lagi, jujur.. Tamlikho berkata jujur tentang apa yang dialamainya, akhirnya dapat terbukti dan Allah membantu mereka, coba kalau bohong pasti tidak ada kisah keren begini ya kan..."
"Yang terakhir..... kalau minta sama Allah, bersandar hanya sama Allah ya, harus dengan keyakinan yang teguh... pemuda calon pemimpin harus tangguh" kalimat ini mengakhiri tantangan hari pertama kami tapi tidak mengakhiri bincang malam kami.
Semoga Allah SWT selalu melindunginya, aamiin yra.
๐ŸŒŒ๐ŸŽ๐ŸŒŒ๐ŸŽ๐ŸŒŒ๐ŸŽ๐ŸŒŒ๐ŸŽ๐ŸŒŒ๐ŸŽ๐ŸŒŒ๐ŸŽ๐ŸŒŒ๐ŸŽ๐ŸŒŒ๐ŸŽ๐ŸŒŒ
#Tantangan10Hari
#Level10
#KuliahBunsayIIP
#GrabYourImagination

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengulang yang Kemarin