Sejarah

🎏Bincang Kisah with Saddam (15 th)🎏

🌞 Sejarah 🌞
Malam minggu kami habiskan dengan ngobrol....aku, suami dan anak sulung  kami, Saddam. Kami memang hobi ngobrol.
Banyak pembahasan kami, mulai dari pertandingan di ASEAN Games sampai PR Sosiologi. Aku mencari kesempatan untuk dapat memberikan pesan lewat obrolan kami, dan saat itupun tiba tanpa aku sadari.
Sepertinya dimulai dari pertanyaan Saddam, "Ma.. mama lebih baik tersesat di hutan Kalimantan atau hutan Papua?"
Kemudian berlanjut ke obrolan tentang Taman Nasional Baluran di Jawa Timur yang seperti savana, kemudian Saddam menyampaikan niatnya ingin mengikuti World Heritage Camp Indonesia.
Selanjutnya aku mendengarkan gambaran kegiatan Camp yang dimaksud dan tujuan Saddam mengikuti kegiatan tersebut.
"Kenapa tertarik sama sejarah?"tanya ku
"Sejarah itukan masa lalu kita, ada kaitannya sama kita, pasti tertarik laah" jawab Saddam
"Tahu sejarah Saddam sendiri tidak?" tanya ku
"Tahu lah ma... Saddam ini anak dari....dan seterusnya..." Saddam menerangkan family tree dari dirinya sampai turunan ke 4, dia masih mengingat family tree nya dan sejarah dirinya, kemudian sejaran tanah Hitu yang pernah dikisahkan papa.
"Alhamdulillah Saddam tahu" kata ku
"Ada juga orang yang tidak ingin tahu tentang sejarah dan asal usulnya bahkan tidak mengakuinya... baik buruknya sejarah harus diakui sebagai bagian dari kisah kita, dalam islam itu bagain dari rukun iman loh bang... takdir baik dan takdir buruk datang dari Allah" panjang kalimat ku, aku mencoba berkisah kepada Saddam.
"Jika ada sejarah yang kurang enak didengar, coba diambil hikmahnya, diambil pelajaran dan jadikan bahan untuk perbaikan, itu manfaat sejarah, kalau yang baik harus dilestarikan, seperti maksud kegiatan World Heritage Camp Indonesia, bisa juga dipakai tuh" sambung aku lagi.
"Bisa buat cerita ya ma..." kata Saddam sambil tersenyum, seperinya ngeledek aku.πŸ€”
"Kita harus tahu identitas kita, sejarah kita, jati diri kita, apalagi abang laki-laki..."
"Siap..."jawab Saddam sambil memberi hormat. πŸ˜€
Semoga apa yang kau lalui akan menjadi sejarah yang indah dan bernilai. Aamiin yra.
🌌🎏🌌🎏🌌🎏🌌🎏🌌🎏🌌🎏🌌🎏🌌🎏🌌
#Tantangan10Hari
#Level10
#KuliahBunsayIIP
#GrabYourImagination

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengulang yang Kemarin