Menstruasi

Fitrah Seksualitas Kelas Bunda Sayang

🥀Menstruasi🥀
Aku mencoba berbincang santai dengan putri ku yang insyaAllah bulan depan genap beusia 11 tahun.
Berbincang dengan putri ku sudah biasa aku lakukan tapi untuk memenuhi kewajibanku memperkenalkan padanya fitrah seksualitas pada tahap mengenal diri nya sebagai seorang perempuan aku perlu persiapan yang cukup lama dan panjang. Kini saatnya aku memperkenalkan  apa yang akan dialaminya yaitu menstruasi.
Aku memilih kisah pembuahan tanaman, ikan dan katak sebagai prolog sekaligus untuk lebih memberi pamahaman bahwa Allah sudah menakdirkan makhluknya untuk dapat berkembangbiak, memperbanyak keturunan, bahwa semua makhluk bernyawa pasti berkembangbiak.
Putri ku sudah mengeri jika mamalia betina dapat menghasilkan telur pada ovariumnya, sehingga pada bagian ini berjalan bincang-bincang dengan baik.
Kemudian aku jelaskan bahwa saat itu rahim wanita mempersiapkan diri agar kuat menerima zigot sebagai hasil pembuahan dengan cara menebalkan dindingnya. Putri ku masih mengerti dan serius mendengarkan.

"Lalu kalau tidak ada zigot yang datang menempel di dinding  maka dinding rahim akan gugur, gugurnya berupa darah yang keluar dari kemaluan, makanya harus pakai pembalut"
"Kaya pipis ma"tanya putri ku.
"Ga.. kalau pipis bisa ditahan, kalau menatruasi seperi kran kamar mandi yang kemarin papa betulin, keluar terus sedikit sedikit tapi nanti berhenti sendiri"
"Oooh bocor" putri ku berkata sambil terawa.
"Ma... bocornya karena tidak ada zigot? Kok gitu?" Ia seprtinya bingung.
Perbincangan kemudian berlanjut sampai putri ku paham.
Ada pertanyaan dari nya yang belum sempat aku jawab yaitu "kalau katak dan ikan pembuahannya di air, tumbuhan terjadi di putik, lalu manusia dimana? Sel telur ada di aku lalu sel sperma ada di laki laki, lalu pembuahannya dimana???" .
Waktu itu, andai tidak ada putri bungsu ku yang berumur 7 tahun, aku sudah menjawabnya, tapi Si bungsu selalu terkekeh melihat gambar perubahan fisik manusia pada buku yang kami gunakan maka aku akhiri obrolan ku dengan putri ku dengan "to be continue ya jawabannya" sambil mengerlingkan mata.

Gambar:
Tubuh Manusia, Pustaka Pengetahuan Moderen, PT Widyadara-Jakarta
🌿💞🌿💞🌿💞🌿💞🌿💞🌿💞🌿
#fitrahsexualitas
#learningbyteaching
#bundasayanglevel11
#InstitutIbuProfesional

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengulang yang Kemarin