Menutup Aurat Perisai Menjaga Fitrah Seksualitas

🌿Menutup Aurat Perisai Menjaga Fitrah Seksualitas🌿

🌷Resume Kelompok 2

Ayah dan bunda adalah figur yang harus ada sepanjang masa pendidik anak, sejak lahir  hingga akil bğJjg. Kehadiran ayah bunda penting untuk menjaga fitrah seksualitas anak.
Fitrah seksualitas adalah tentang bagaimana seseorang berfikir merasa dan bersikap sesuai fitrahnya sebagai lelaki sejati atau sebagai perempuan sejati.
Pendidikan fitrah seksualitas berbeda dengan pendidikan seks. Pendidikan fitrah seksualitas dimulai sejak bayi lahir. Menumbuhkan Fitrah ini banyak tergantung pada kehadiran dan kedekatan pada ayah dan ibu.
Sumber : ChaneIMusIim.com
Mendidik Fitrah Seksualitas adalah merawat, membangkitkan dan menumbuhkan fitrah sesuai gendernya, yaitu bagaimana seorang lelaki berfikir, bersikap, bertindak, merasa sebagaimana lelaki Juga bagaimana seorang perempuan berfikir, bersikap, bertindak, merasa sebagai seorang perempuan.
Prinsip 1 : Fitrah Seksualitas memerlukan kehadiran, kedekatan, kelekatan Ayah dan Ibu secara utuh dan seimbang sejak anak lahir sampai usia aqilbaligh (15 tahun)
•Prinsip 2 : Ayah berperan memberikan Suplai Maskulinitas dan Ibu berperan memberikan Suplai Femininitas secara seimbang. Anak lelaki memerlukan 75% suplai maskulinitas dan 25% suplai feminitas. Anak perempuan memerlukan suplai femininitas 75% dan suplai maskulinitas 25%.
Prinsip 3 : Mendidik Fitrah seksualitas sehingga tumbuh indah paripurna akan berujung kepada tercapainya Peran Keayahan Sejati bagi anak lelaki dan Peran Keibuan sejati bagi anak perempuan. Buahnya berupa adab mulia kepada pasangan dan anak keturunan.
#Kutipan Kulwap Kader Utama Nasional Hebat
#Ustadz Harry Santosa
lbuO)Profesional j

APAKAH AURAT ITU?
Aurat adalah suatu anggota badan yg harus ditutup dan dijaga hingga tidak menimbulkan kekecewaan dan malu.

🌻Batas Aurat
Batas anggota tubuh yang dianggap aurat, para ulama membedakan antara aurat laki-laki dan perempuan.
• Aurat laki-laki, walaupun ada perbedaan, secara umum mayoritas ulama berpendapat bahwa laki-laki semestinya menutup bagian anggota tubuh antara pusar dan kedua lutut kaki.
• Aurat perempuan, ulama fiqh juga berbeda pendapat, tetapi secara umum perempuan lebih tertutup dari laki-laki. Batasan untuk perempuan adalah wajah dan kedua telapak tangan, bukan aurat.  Ini adalah pendapat mayoritas madzhab.

🌻Anak perempuan
• Anak-anak mulai diarahkan untuk menutup aurat di usia 3-4 tahun.
• Jangan dibiasakan buang air kecil sembarangan atau berlarian tanpa menutup aurat.
• Latih untuk menutupi tubuhnya (kecuali rambut, wajah, leher, tangan, dan telapak kakinya) di depan mahramnya.
• Latih untuk menutupi tubuh mulai betisnya, tangannya, dan dadanya. Dilatih pula untuk memakai celana panjang, bahkan saat tidur.
• Orangtua sebaiknya menampakkan wajah ketidaksenangan jika perintah ini dilanggar.
• Sejak usia 5 tahun, anak perempuan dilatih untuk tidak memasuki perkumpulan pria yang bukan mahramnya.
• Dimotivasi untuk memakai hijab saat keluar rumah. Anak di usia ini akan otomatis terdorong mengikuti ibu dan saudara perempuannya.
• Pada usia 7, barulah anak mulai diperintahkan untuk memakai hijab.
• Jika anak melanggar, berikanlah hukuman tanpa pukulan. Jika di usia 10 belum juga berhijab, maka hukumlah dengan pukulan.

🌻 Jika anak kecil sudah berusia 10 tahun maka tidak boleh tidur bersama ibunya atau saudara perempuannya kecuali kalau dia perempuan. karena dikhawatirkan akan terjerumus pada perkara yang dilarang.

🌻Jangan biarkan juga si anak tidur bersama laki-laki atau wanita yang bukan mahram karena dikhawatirkan terjadi fitnah. Karena walaupun tidak terjadi apa-apa ketika tidur saat itu, namun dikhawatirkan si anak memiliki keterkaitan hati dengan laki-laki atau wanita tadi, lalu terjadi fitnah di masa mendatang.

Beberapa hal mengenai batasan aurat dan mahram diantaranya;
🍁Fenomena cadar jika di tinjauan dari fitrah seksualitas, terlebih kepada anak yang masih sangat kecil.
➡️Menurut pendapat kelompok 2, untuk hal seperti ini dikembalikan ke hukum asalnya dan orang tua, jika sebagai pembiasaan yang baik pada anak bisa saja dilakukan asalkan tanpa paksaan sampai tumbuh kesadaran pada anak dengan disertai pemahaman anak tentang aurat.

🍁Pemisahan tempat tidur anak dilakukan pada usia 7 tahun, selain itu perintah anak untuk melakukan Shalat.

🍁Cara menerangkan kepada anak masalah perempuan yang sudah wajib menutup aurat tapi belum melaksanakan, atau pakai hijab hanya ketika keluar rumah saja.
Kita tentu mewajibkan anak perempuan kita mengenakan jilbab. Namun ketika anak mulai mengerti dengan perbedaan dirinya dan yang lain, ada pertanyaan yang muncul di benak sang anak seperti “Ummi, kok Mbak/tante itu tidak pakai jilbab?” seolah mewakili kebingungan standar pada diri anak.
▶️Pertanyaan tersebut juga sebagai pertanda bahwa diri anak sudah memulai penjelajahannya pada lingkungan sekitar. Ia mulai memperhatikan dan mengamati dirinya, keluarganya, tetangganya, dan lingkungan sekitarnya. Maka, bila terlihat sesuatu yang ia anggap ganjil, anak akan bertanya pada orang terdekatnya, ibu, ayah, kakek, nenek, atau kakaknya.
▶️Keingintahuan ini merupakan hal yang wajar dan harus disikapi pula dengan wajar. Pertanyaan seperti ini hendaknya dijawab sesuai dengan tahap perkembangan pola pikir anak. Dan biasanya jika anak tidak puas dengan jawaban yang diperolehnya, ia akan terus bertanya, maka berikan jawaban yang memuaskan akalnya. Jangan sampai kita diamkan, karena problem bias standar akan melanda dirinya dan akan menyebabkan kerapuhan mental dan prinsip yang sudah kita tanam.
caranya ;
🍑Pertama, terangkanlah bahwa berkerudung adalah perintah Allah,
🍑kemudian sebutkanlah alasan-alasan yang menyebabkan seorang tidak berkerudung, seperti, mungkin Mbak itu bukan seorang muslimah atau seorang muslimah namun belum tahu dan mengerti kewajiban berkerudung, atau sudah tahu tapi enggan berkerudung karena merasa ribet dan gerah.
🍑Sampaikan pula bahwa ketika seorang muslimah yang sudah baligh berkerudung ia akan mendapatkan pahala dari Allah dan sebaliknya jika tidak berkerudung di luar rumah ia akan berdosa.
🍑Membuka aurat adalah salah satu dosa besar. Bila anak sudah masuk usia 5 tahun biasanya anak sudah mengerti reaksi-reaksi lingkungan terhadap perilaku seseorang, maka;
🍑dapat kita tambahkan pula alasan bila seorang muslimah menutup auratnya ia akan aman dari gangguan laki-laki iseng karena laki-laki akan sungkan untuk mengganggunya.

Contoh kasus
🔖Mewajibkan para siswi muslim bila sekolah wajib memakai jilbab tapi di IG dan diluar kegiatan KBM mereka dengan mudah melepaskan jilbabnya, karena belum di iringi pemahaman yang baik.

🔖Penggunaan aplikasi TikTok dikalangan ABG yang cantik dan berhijab juga semakin marak hal ini bisa saja karena mereka belum memahami tentang menutup aurat dalam artian karena kesadaran atas cinta pada RabbNya melainkan sekedar mengikuti trend/mode saja.

Membiasakan anak2 perempuan kita untuk menutup auratnya dimulai dengan:
💙Selalu memulainya dengan niat karena Alloh semata, kemudian mulailah dari ibu yg konsisten menutup auratnya sebagai contoh keseharian mereka.
💙Orangtua harus bisa dekat dengan anak sejak dini terkhusus diusia 3-6 tahun.
💙Tananamkan rasa cinta pada hukum Alloh membiasakan anak2 perempuan kita untuk menutup auratnya.
💙Pembiasaan sedini mungkin pada anak2 semisal bila mau keluar rumah pakai jilbab/ celana panjang itu laki2. Bisa juga taruh didekat pintu jadi anak2 seperti otomatis saat mau keluar rumah belajar menutup aurat.
💙Tauladan dari orang tua tentang konsisten  sehingga  anak  juga mencontoh.

Tips terkait aurat anak usia 1-7, yang tidur bersama karena keterbatasan ruang kamar:  🌾ibun sangat berperan penting memberi pemahaman & uswatun hasanah pada anak.
🌾Beri kasur sendiri sendiri dalam kamar yang sama 
🌾Anak yang masih membutuhkan ASI dapat tidur dikasur yang sama dengan ayah bunda.
🌾Perlahan diingatkan bahwa saat dia berusia 7-10 tahun, dia akan punya kamar sendiri.
🌾Buat Batas Wilayah dengan guling jadi setiap anak punya guling, bantal dan selimut sendiri.

👧👧Cara menjaga aurat untuk anak perempuan dapat juga dengan cara ;
1. Saat akan mandi atau kegiatan toilet trainning kalau ingin melepaskan pakaian di dalam kamar mandi dan saat keluar kamar mandi sudah tertutup semua. Dan selalu ingatkan tentang malu dari anggota badan yg tidak boleh dilihat orang lain.

2. Saat aktifitas diluar ruangan pun anak menggunakan pakain yg menutup auratnya, meski si adek perempuan dan menggunakan rok tetap dipakaikan celana panjang.

#fitrahsexualitas
#learningbyteaching
#bundasayanglevel11
#InstitutIbuProfesional

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengulang yang Kemarin