Bersama Teman

 πŸŽ–πŸ…Game Kelas Bunda Sayang πŸ…πŸŽ–

🌡🌾🌿TANTANGAN 10 HARI MELATIH KEMANDIRIAN 🌡🌾🌿

☂ Hari Ke - 7

πŸ‘­ Bersama Teman πŸ‘­

Belajar sendiri dan rapihkan kamar adalah pilihan kegiatan dalam tantangan melatih kemandirian yang Shina pilih sendiri, selain shalat dan mencuci pakaian dalam sendiri yang merupakan kesepakat antara aku dan Shina, setelah aku memberikan alasannya yaitu usianya yang telah menginjak sepuluh tahun dan akan memasuki masa baliq.

Dua kegiatan yang telah aku sepakati ini masih harus aku ingatkan, untuk mencuci sendiri yang semula aku harapkan setiap hari kemudian berubah menjadi dua hari sekali karena Shina suka jika yang ia cuci agak banyak dan terasa berisi pada ember kecilnya, aku pun menyetujuinya yang terpenting ia mau belajar untuk melakukannya.

Sedangkan dua kegitan yang menjadi pilihan Shina, aku harapkan ia lakukan tanpa selalu harus diingatkan oleh aku.

Hari ini sepulang sekolah Shina pulang  bersama temannya, Eno. Biasanya jika ada teman atau sepupu yang datang Shina sering kali larut dalam kegembiraan dan lupa akan tugasnya.

Sesekali dengan cara ku, aku memantau kegiatan yang dilakukan Shina dan temannya. Shina mengajak adiknya, Shafaa berkumpul bersama, aku senang akan hal ini. Shina kemudian mengajak temannya untuk makan siang bersama setelah aku memberitahu mereka kalau makanan sudah siap. Mereka mengambil makanan kemudian ijin untuk makan di teras belakang. Aku mengijinkan, karena mungkin mereka masih ingin melanjutkan pembicaraan, dan aku ingin memberi mereka privasi.

Selesai makan mereka meletakkan piring kotor pada tempatnya. Tak lama kemudian Mama Eno menjemput. Aku menjumpai Mama Eno kemudian mereka muncul. Kami kemudian saling bercerita kejadian yang kami alami hari ini. Shina dan Eno juga ikut bercerita tentang kegiatan memasak makanan khas daerah Maluku yang akan mereka lakukan pada hari Jumat. Mereka telah dibagi perkelompok dan setiap anak harus mengumpulkan uang sebesar lima ribu rupiah. Shina dan Eno berbeda kelompok tapi mempunyai masalah yang sama yaitu masih ada teman yang belum mengumpulkan uang. Mereka kemudian membahasa cara pemecahannya tadi.

Setelah Eno pulang aku menanyakan apa  jalan keluar yang akan diambil oleh mereka. Mereka masih akan menunggu sampai besok. Aku kemudian melihat kamar Shina, karena tadi mereka sempat menggunakan kamar, ternyata kamar tertata rapih, tidak seperti biasanya jika teman Shina pulang pasti meninggalkan kamar yang  berantakan.

Ketika temannya berkunjung tanpa disadari oleh Shina, ia telah mempraktekkan kegiatan belajar sendiri. Shina juga merapihkan kamar, entah sendiri atau bersama temannya, tapi kamar tetap rapih.  Selain itu Shina juga telah melaksanakan  aturan “Ketika Teman Berkunjung” kerumah, yaitu;
πŸ’™ Tetap melakukan peraturan dalam rumah, πŸ’™ Masuk dengan Salam.
πŸ’™ Beritahu siapa yang datang kemudian.
πŸ’™ jika ingin pulang harus berpamitan.
Aku selalu ingatkan jika Shina mencontohkan pasti temannya akan mengikuti. Hari ini semua berjalan dengan baik.
Alhamdulillah 😍

πŸŒ„πŸœπŸŒ‡πŸŒƒπŸŒ†☉☉☉☉☉☉☉πŸŒ„πŸœπŸŒ‡πŸŒƒπŸŒ†

#Hariketujuh
#Tantangan10Hari
#Level2
#KuliahBunSayIIP
#MelatihKemandirian

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengulang yang Kemarin