Cerita Tentang Batu Bata

๐Ÿ’กTantangan Game level 3๐Ÿ’ก
๐ŸŒฟ๐Ÿ›Kelas bunda sayang batch #3๐Ÿ›๐ŸŒฟ

๐ŸTentang Aku - Shafaa (6 th)๐Ÿ

๐Ÿ’– Cerita Tentang Batu Bata ๐Ÿ’–

Aku dan partner ku Shafaa melakukan latihan kecerdasan dengan bermain dan seperti melakukan aktivitas sehari-hari. Buku yang kami pakai sebagai salah satu media permainanpun sebenarnya sudah dipilih Shafaa. Aku hanya berencana agar Shafaa memiliki bacaan yang sesuai dengan kesukaannya  bermain di teras belakang di bawah pohon jambu.
Aku berencana agar Shafaa mau membaca secara berurutan, tapi hari ini Shafaa ingin membaca halaman pilihannya. Aku mengijinkan tapi selanjutnya aku hanya mengobservasi Shafaa.

Sebelum membaca Shafaa memperhatikan gambar yang terdapat dalam halaman buku.
“Eeh gambarnya sama ma” kata Shafaa.
“Yang mana?” tanya ku.
Shafaa langsung memperlihatkan sampul depan buku dan berkata “ itu ma… yang ada batu bata” kemudian kembali membuka halaman buku yang sedang dibaca, sambil menunjuk gambar yang sama dan berkata “ini ma sama”
“Ma ini warnanya kenapa merah” tanya Shafaa
“Karena dari tanah liat, tanahnya warna coklat lalu dibakar ditungku jadi merah deh” jelas ku
“Shafaa tahu cara bikin bata, ada cetakannya kotak dari papan di atasnya ada…. dst… dst…bagian bawahnya ada kayu segi empat nanti diangkat terus dijemur” Shafaa menerangkan dengan panjang lebar detail cetakan dengan gerakan tangan dan memperagakan cara membuat bata.
“Shafaa tahu darimana?” tanyaku, karena di Ambon lebih banyak tempat cetak batako dari semen dari pada batu bata, seingat ku, aku belum pernah mengajak Shafaa ke tempat pembuatan bata begitu juga sekolahnya.
“Shafaa lihat di TV waktu itu ada caranya” dengan serius Shafaa memberitahu aku.
“Kalau di Ambon Shafaa pernah lihat?” tanyaku.
“Shafaa lihat batako yang abu-abu” jawab Shafaa.
“Ma.. yang ini apa?” tanya Shafaa sambil menunjuk tempat cat.
“Itu untuk meneteskan cat yang lebih sebelum cat tembok” aku mencoba menjelaskan.
“Berarti kakak ini tidak bikin kwuas disini, cat nya menetes…”Shafaa mengakhiri percakapan kami dan kemudian membaca sampai selesai.
Visual memang favoritenya Shafaa ๐Ÿ˜
Alhamdulillah

๐Ÿฅ๐Ÿž๐Ÿฅ๐Ÿž๐Ÿฅ๐Ÿž๐Ÿฅ๐Ÿž๐Ÿฅ๐Ÿž๐Ÿฅ๐Ÿž๐Ÿฅ๐Ÿž๐Ÿฅ
#tantangan_hari_ke7
#kelasbunsayiip3
#game_level_3
#kami_bisa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengulang yang Kemarin