Dapurnya Daun

💡Tantangan Game level 3💡
🌿🐛Kelas bunda sayang batch #3🐛🌿

🐝Tentang Aku - Shafaa (6 th)🐝

🍃Dapurnya Tanaman🍃

Shafaa sangat antusias karena hari ini aku dan dia akan bersama membaca buku yang aku hadiahkan untuknya setelah menerima laporan pendidikan bulan lalu.
Shafaa sedang belajar membaca. Kali ini kami akan bermain dengan membaca buku dan mencoba melihat alam atau lingkungan disekitar Shafaa untuk melatih kecerdasan Emosional dan Spritualnya.
Kami kemudian ke tempat favorite kami bermain, teras pohon jambu. Shafaa langsung tersenyum lebar dan menghampiri buku yang sudah aku letakkan dibangku lebar panjang.

Shafaa membaca judul buku kemudian bertanya berapa halaman yang harus ia baca, aku katakan hanya 1 lembar saja.
Shafaa kemudian membaca, ada beberapa kata baru yang ia baca, kemudian kakaknya yang menerangkan maksud dari kata tersebut.
Buku yang Shafaa baca berisi tentang benda alami dan buatan. Dari halaman pertama yang dibaca olehnya, Shafaa dapat membedakan benda alami dan buatan.

Shafaa memahami kalau benda alami pasti berasal dari pohon atau tumbuhan, dan itu adalah benda hidup yang diciptakan Allah.

Aku menawarkan kepada Shafaa dan kakaknya untuk merawat 1 tanaman masing-masing dari mereka. Tanggung jawab penuh atas tanaman pilihan mereka. Shafaa memilih tanaman kecil yang kemudian ia tanam di pot dari bekas gelas puding yang retak. Setelah selesai menanam Shafaa membawa tanaman kecilnya ke dalam dan diletakkan diatas meja belajarnya. Aku kemudian menjelaskan bahwa tanaman suka dan harus kena matahari karena untuk memasak tanaman butuh matahari.
Shafaa sudah pahan kalau daun adalah dapur bagi tanaman, tempat mereka membuat makanan yang kemudian dibagikan keseluruh bagian tubuhnya. Hari ini Shafaa tahu kalau kompornya daun itu adalah matahari dan matahari adalah ciptaan Allah karena cinta Nya kepada kita manusia.

Shafaa kemudian menggambar pelangi, menurut Shafaa pelangi juga benda karena diciptakan Allah. Sambil bercanda Shafaa katakan kalau pelangi itu naga yang sedang haus kemudian turun untuk minum. Akupun tertawa mendengar ceritanya yang ia dengar dari cerita kartun di tv. Aku katakan kalau itu legenda, cerita yang dibuat oleh orang karena dulu belum mengetahui mengapa terjadi pelangi.

Tantangan hari ini berlanjut diatas tempat tidur. Shafaa memilih buku favoritnya “little mouse, i love u”, buku ini dalam 2 bahasa tapu aku memilih membaca dengan bahasa Indobesia seperti biasa, agar perbebdaharaan kosa kata yang dimiliki Shafaa cukup sebelum Shafaa mengenal bahasa lain. Aku meminta Shafaa untuk menebak mana benda alami dan benda buatan yang terdapat pada  gambar ilustrasi dengan menunjuk dan menyebut nama benda. Permainan penutup ini cukup seru, karena Shafaa menebak sambil berteriak senang dan kadang melucu.



#tantangan_hari_ke1
#kelasbunsayiip3
#game_level_3
#kami_bisa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengulang yang Kemarin