Aliran Rasa

🍁Aliran Rasa🍁

🛡 GAME LEVEL 4 🛡
💙Kelas Bunda Sayang💙
🍏💡Gaya Belajar Anak💡🍏

💖💖 Kegembiraan belajar bersama untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan tanggung jawab terhadap diri pribadi💖💖

Kegembiraan saat melakukan kegiatan bersama laksana meraih energi baru untuk langkah selanjutnya, termasuk kegiatan belajar. Kegembiraan akan diperoleh ketika belajar dilakukan sambil bermain, karena semua anak suka bermain, aku pun masih suka bermain 😘. Agar permainan atau kegiatan belajar kita bermakna maka sebagai orang tua, kita harus mengetahui gaya belajar anak kita. Mengetahui gaya belajar anak merupakan suatu sikap yang harus dilakukan orang tua sebagai upaya totalitas dalam menjalankan peran sebagai ibu 💝.

Shina, 10 tahun, putri kami memiliki gaya belajar kinestetik. Kesimpulan gaya belajar ini, hampir sebagian besar berdasarkan pengamatan (observasi) terhadap Shina sejak lahir hingga 5 tahun dengan mengambil referensi dari  koleksi majalah lama, jaman  perjuangan anak pertama. Waktu itu tahun 2007 ketika aku pindah ke kota Ambon yang baru saja selesai kerusuhan, jangankan buku atau majalalah, koran pun susah untuk didapat. Alhamdulillah majalah dan buku-buku kami dari Jakarta dapat dikirim dan jadi perbendaharaan kami untuk bermain.
Gaya belajar yang baik bagi seseorang tidak dapat ditentukan oleh orang lain, namun berasal dari pemahaman terhadap diri sendiri. Setelah kami, orang tua mengetahui gaya belajar Shina, apakah Shina sudah paham akan gaya belajarnya? Apakah sudah efektif cara belajar yang dilakukan Shina terkait gaya belajarnya?, dengan meminta Shina menjawab kuesioner, aku berharap Shina dapat memahami gaya belajarnya dan mengetahui apakah cara belajarnya sudah efektif. Alhamdulillah dari hasil kuesioner, cara Shina belajar sudah efektif tetapi ia baru mengetahui nama dari gaya belajarnya yaitu kenestetik. Shina sangat terkesan karena ia lebih memahami dirinya. Terjawab sudah pertanyaan yang dulu pernah ia tanyakan pada ku ketika aku menemaninya membuat percobaan sederhana yang ada dikepalanya, “Ma.. kenapa mama tidak pernah bosan  begini niiih?”, dulu aku hanya menjawab “soalnya asik siih”, karena aku juga menikmatinya. Cara belajar yang disukainya memang dengan bereksperimen. Hal ini ia ungkapkan ketika bersamanya memasak.
Dengan memberi kebebasan memilih apa yang ingin dipelajari, aku berharap dapat menumbuhkan komitmen yang kuat dalam diri Shina dalam melakukan kegiatan belajar. Hasil belajar yang dirasakan sebagai hasil dari sebuah proses akan menumbuhkan rasa percaya diri dan tingkat tanggung jawab yang tinggi. Belajar yang benar akan mendatangkan hikmah dari kesalahan  sebesar apa yang didapatkan dari kebenaran. Aku berharap Shina selalu memiliki energi untuk belajar karena sejatinya Shina akan terus belajar pada Universitas Kehidupan, Shina akan menjadi seorang Pencetak Pemimpin, Pembimbing Generasi, Shina akan menjadi seorang IBU, semoga Shina dapat menjalani perannya dengan penuh percaya diri dan tanggung jawab.
-Aamiin-

Sumber :
#Foto koleksi Pribadi Shina, Feb 2018

Bacaan
#Materi Bunda Sayang Level #4 Gaya Belajar Anak
#Zona Kuis Sabili Belajar Efektif Majalah #Islam Sabili no.15 TH XIV/8Februari2007/20 Muharam 1428
#M Quraish Shihab,Ibu adalah Pencetak Pemimpin dan Pembina Umat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengulang yang Kemarin