Garuda Pancasila

πŸ’ Kelas Bunda Sayang πŸ’
🐣 Tantangan Level#5 🐣

🌏 Garuda Pancasila 🌏
Mencintai keluarga, agama dan bangsa adalah hal yang saya tanamkan kepada anak-anak sebagai bagian dari pengenalan diri mereka. Selain kenal akan Allah yang mencintai mereka juga mereka harus mengenal asal usul mereka sebagai bagian dari takdir yang sudah digariskan.
Hari ini saya mulai mengulang perkenalan Shafaa dengan negaranya Indonesia. Saya mengajak Shafaa membaca gambar lambang negara Garuda Pancasila.
Targetnya tentu saja Shafaa paham gambar dari lambang negaranya, perbincangan pun dimulai.
Ketika melihat gambar Shafaa dapat membaca dengan bebas. Pertama kalj Shafaa tertarik dengan lambang dari pancasila yang ada ditengah (dada) burung garuda.
“Ma.. ini gambar apa?” tanya Shafaa
“ Coba Shafaa lihat, yang pertama bintang yang di tengah lalu banteng, lalu..”
“Pancasila !!!” teriakan Shafaa menghentikan ucapan ku.
Selanjutnya Shafaa mengucapkan ke 5 sila dari pancasila.
“Ma.. ini apa, kok kotak kotak?” tanya Shafaa sambil menunjuk bulu pada leher burung garuda.
“ itu gambar bulu nya burung garuda, jumlahnya ada artinya loh”
“Coba Shafaa hitung” sambut Shafaa dan langsung menghitung bulu pada sayap, dilanjutkan ekor dan badan. Sudah 2 kali Shafaa menghitung bulu pada badan garuda tetapi selalu tidak tepat 45.
“mama…. Kok tidak 45? Harusnya 45” Shafaa protes. Ketika kami menghitung bersama barulah pas 45 buah. Shafaa bertepuk tangan senang. Kemudian Shafaa membaca Bhineka Tunggal Ika dan menyebutkan artinya. Kali ini Shafaa belajar kata baru yaitu semboyan, ya ternyata Shafaa tahu Bhineka Tunggal Ika dan artinya tapi belum paham apa kah itu 😁.
Pelajaran kami kali ini diakhiri oleh lagu Garuda Pancasila yang dinyanyikan Shafaa dengan lantang sambil bertepuk tangan.πŸ€—πŸ˜„

🐠🍁🐠🍁🐠🍁🐠🍁🐠🍁🐠🍁
#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingsToChangeIMustChangeFirst

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengulang yang Kemarin