Peta Indonesia

πŸ’ Kelas Bunda Sayang πŸ’
🐣 Tantangan Level#5 🐣

🌏Peta Indonesia 🌎

Masih dalam tema pengenalan diri, kali ini Shafaa harus tahu bahwa ia adalah anak Indonesia dan tahu informasi tentang Indonesia.
Pertama Shafaa aku ajak bermain dengan globe. Sudah lama Shafaa bermain dengan globe karena benda ini milik abangnya, sudah ada sejak sebelum Shafaa lahir tapi kali ini aku mencoba untuk santai tapi serius memberi informasi kepada Shafaa tentang Indonesia Tanah Air nya.
Setelah globe aku lanjut pada atlas  dunia, aku tidak paham juga apakah Shafaa mengerti atau tidak tapi setelah aku memberikan informasi kalau Indonesia berada diantara benua Asia dan Australia, Shafaa kemudian menunjuk lautan dan berteriak “Samudera Pasifik…. Samudera Hindia”
“Ya… Indonesia ada diantara 2 samudera atau lautan luas itu”
“Pulau di Indonesia kecil kecil…  Australia juga pulau tapi besar”.
Shafaa kemudian menuju peta Indonesia yang terdapat di dinding kelas suka-suka, tempat kami bermain.
Aku memberi kesempatan Shafaa untuk mengamati, Shafaa sudah sering membaca nama pulau-pulau dan bermain Mencari Kota bersama abang dan kakaknya, sehingga kali ini aku penasaran apa yang diamati Shafaa.
Sebelumnya dari abangnya, Shafaa sudah mendapat informasi tentang cara membaca peta, bahwa keterangan yang ada pada gambar dapat dilihat pada kotak LEGEN disebelah kiri bawah peta.
“Malaysia ada 2… kenapa cuma 2… Indonesia ada banyak?” pertanyaan  Shafaa pun keluar.
“karena penduduk, orang orang yang tinggal di sini (aku menunjuk bagian atas Pulau Kalimantan) maunya bergabung sama Malaysia, kalau yang disini (aku menunjuk bagian bawah Pulau Kalimantan) sukanya gabung sama Indonesia.
“Yang ini ini ini sukanya sama Indonesia jadi banyak deh” Shafaa berkata sambil menunjuk semua pulau besar pada peta Indonesia.
Perhatian Shafaa tertuju pada pembagian waktu. Tangannya mengikuti garis putus putus dan berkata “WI Timur….garisnya belok… WI Tengah...WI Barat  juga belok belok”
“Garis katulistiwa juga tidak kelihatan” Shafaa lanjut berbicara.
“Shafaa WI itu Waktu Indonesia… jadi Waktu Indonesia Timur, Tengah…” aku terangkan singkatan WI untuk Shafaa.
“Waktu Indonesia Barat” Sambung Shafaa
“Shafaa suka kalau Indonesia ada salju” sambung Shafaa dengan wajah  agak manyun. πŸ˜„
“Di Indonesia ada salju, di pegunungan Jaya Wijaya, pegunungan tertinggi di Indonesia… mana ya?” tanya ku.
“Ma.. lihat ini ma…(Shafaa menunjuk kotak Legen) ...yang paling coklat itu yang paling tinggi…. coba mama lihat dipulau mana yang paling coklat gunungnya” Shafaa mencoba memberi aku petunjuk, aku pun menahan tawa sambil acting mencari sesuai petunjuk Shafaa. Dengan sigap Shafaa menunjuk pegunungan di Pulau Papua “ ini ma..”
“ oh iya…. Pegunungan Jaya Wijaya” aku membaca masih dengan acting kagum.
“Yak… betul sekali” Shafaa sangat senang.
Aku berfikir, sepertinya Shafaa sudah tahu pegunungan Jaya Wijaya.
“Disini ada Merauke….”kata ku
“Sabangnya dimana?” Shafaa bertanya
“Coba cari, petunjuknya ada di pulau Sumatra, kalau Merauke di ujung sana jadi Sabang dimana coba? Aku memcoba memberi sedikit informasi pada Shafaa.

Shafaa mencari dan berhasil menemukan Sabang, kemudia  Shafaa lanjut bernyanyi Dari Sabang sampi Merauke.πŸ˜„
Dari sebuah peta banyak informasi yang didapat, dapat juga menciptakan kegembiraan. 😍
🐠🍁🐠🍁🐠🍁🐠🍁🐠🍁🐠🍁
#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingsToChangeIMustChangeFirst

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengulang yang Kemarin