Harga

๐Ÿ’ก๐Ÿ’ธ๐Ÿ’ก๐Ÿ’ธ๐Ÿ’ก๐Ÿ’ธ๐Ÿ’ก๐Ÿ’ธ๐Ÿ’ก๐Ÿ’ธ๐Ÿ’ก๐Ÿ’ธ๐Ÿ’ก
*MENDIDIK ANAK CERDAS FINANSIAL SEJAK DINI*
๐Ÿ‘ฉ‍⚕️With Shafaa - 6 Thn๐Ÿ‘ฉ‍⚕️

๐Ÿ’ฒHarga๐Ÿ’ฒ

Beberapa hari ini hujan tidak henti mengguyur kota Ambon dan ketika hari ini matahari muncul walau dengan malu-malu, aku pun menyambutnya dengan gembira, menjemur semua pakaian yang belum kering betul. Shafaa juga menyambut matahari dengan gembira, ia sibuk bermain dengan sepedanya.
Hari ini sesuai rencana seharusnya kami akan membeli kebutuhan sekolah Shafaa dan Shina, kakak Shafaa. Kemarin mereka sudah membuat list kebutuhan sekolah mereka dan sisanya mereka berjanji untuk bersama-sama mewujudkan keinginan mereka nonton film bersama, tetapi karena aku sibuk dengan urusan pakaian dan bersih bersih rumah,  sehingga rencana tersebut berubah menjadi kegiatan pengenalan harga. Kebetulan aku menemukan brosur lama dan daftar menu beserta harga sebuah restoran yang dapat kami pergunakan.

Pengenalan harga sangat penting dalam mengelola keuangan, diawali dengan membaca harga dan membandingkan mana yang lebih murah, selanjutnya membandingkan kualitas yang diperoleh dengan harga, apakah sesuai, kemudian berdasarkan pengalaman akan berujung pada penghematan.

Shafaa baru saja naik ke kelas 2 Sekolah Dasar sehingga aku memberinya pemahaman seperti membandingkan lebih dari atau kurang dari. Aku mulai dengan harga ribuan yang mudah dibaca seperti Rp. 85.000 dan Rp. 55.000 kemudian lanjut ke harga Rp. 42.500 dan Rp. 69.900. Awalnya Shafaa membaca "enam puluh sembilan ribu sembilan ribu" ๐Ÿ˜† tetapi kemudian Shafaa dapat membaca harga.




Permainan dilanjutkan dengan membandingkan harga, kali ini Shafaa tertarik dengan brosur lama sebuah toko, ia kemuadian membaca harga yang tertera pada brosur kemudian berkata "ma... yang ini harganya murah ya..." sambil menunjuk harga yang tertera pada gambar refill pewangi pakaian.
"Lebih murah dari yang mana?" tanya ku kemudian.
"Yang ini" Shafaa menunjuk harga refill sabun cair.
"Iya ....lebih murah, tuh Shafaa bisa" jawab ku dengan senyum. Sebenarnya Shafaa tidak dapat membandingkan harga pada benda yang ia tunjuk karena kedua benda tersebut berbeda fungsi, sepertinya Shafaa hanya melihat kedua benda tersebut sama-sama dalam kemasan refill. Kali ini bagi ku yang terpenting adalah Shafaa dapat membandingkan nilai harga yang tertera, selanjutnya Shafaa akan belajar membandingkan harga pada benda yang memiliki fungsi yang sama. Semoga Shafaa terus bersemangat untuk belajar.
Aamiin yra.
๐Ÿ’ก๐Ÿ’ธ๐Ÿ’ก๐Ÿ’ธ๐Ÿ’ก๐Ÿ’ธ๐Ÿ’ก๐Ÿ’ธ๐Ÿ’ก๐Ÿ’ธ๐Ÿ’ก๐Ÿ’ธ๐Ÿ’ก

#Tantangan10Hari
#Level8
#KuliahBunsayIIP
#RejekiItuPastiKemuliaanYangDicari
#CerdasFinansial

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengulang yang Kemarin