Pilih Kegiatan

๐Ÿ™Game Kelas Bunda Sayang๐Ÿ™

๐ŸTANTANGAN 10 HARI MELATIH KEMANDIRIAN ๐Ÿ

☂ Hari Pertama

✔ Pilih Kegiatan ✔

Melatih kemandirian, alhamdulillah sudah aku terapkan pada ke tiga anak ku sejak kecil, sehingga aku dapat merasakan manfaatnya pada anak sulung ku yang berusia 14 tahun.
Ketiganya memiliki keunikan masing-masing, tapi untuk tantangan kali ini, aku memilih Shina, putri ke dua ku yang baru berusia 10 tahun 26 Oktiber bulan lalu.
Shina aku pilih karena dalam usianya yang ke sepuluh ini, shina insyaAllah akan masuk usia baliq, dan sebagi muslimah dia harus siap dengan fitrahnya.
Untuk tantangan kali ini kami diskusikan dengan santai sehari sebelumnya antara aku, Shina dan adik perwmpuannya, Shafaa, kemudia terpilih kegiatan yang ingin dilatihnya yaitu ;

1. Shalat ๐Ÿ™„๐Ÿ˜ถ
  ๐ŸŒ„Subuh
  ๐Ÿœdhuhur
  ๐ŸŒ‡ashar
  ๐ŸŒ†Magrib
  ๐ŸŒƒ Isya
2. Mencuci Sendiri๐Ÿ˜๐Ÿ™„
3. Belajar sendiri ๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜
4. Rapihkan Kamar๐Ÿ˜†๐Ÿ˜…
5. Atur Uang๐Ÿ˜Ž๐Ÿ˜Ž
6. Tugas Rumah๐Ÿ˜™๐Ÿ˜€aa
7. Mengaji๐Ÿ˜‘๐Ÿ™„

Setelah sepakat dengan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian aku meminta kedua putriku memberikan gambar emotion sesuai dengan apa yang mereka rasakan terhadap kegiatan yang telah disepakati tersebut. Aku ingin mengetahui reaksi mereka, terutama Shina terhadap kegiatan Shalat (1) dan mencuci sendiri (pakaian dalam) (2) yang sudah hampir setahun menjadi kegiatan wajib bagi Shina.
Kegiatan pertama, shalat 5 waktu, sebenarnya sudah masuk dalam jadwal kegiatan tetap yang harus dilakukan Shina, terlebih ketika memasuki usia 9 tahun, tapi ketika usianya sudah masuk 10 tahun Shina masih harus dibangunkan, dipanggil atau diingatkan, sehingga aku masukkan kegiatan ini kedalam tantangan.

Kegiatan ke dua, mencuci sendiri, termasuk kegiatan yang sudah menjadi jadwal, tapi sama dengan yang pertama, Shina masih alpa dalam melakukan. Sebenarnya yang aku tekankan adalah mencuci pakaian dalamnya sendiri, tetapi untuk menumbuhkan rasa percaya dirinya, saya membiarkan Shina melebelnya sebagai mencuci pakaian.

Kegiatan ke tiga, belajar sendiri adalah kegiatan pilihan Shina, dan dia sangat menyukainya, perkiraan ku karena dia dapat belajar sesukanya. Pada kegiatan ini aku ingin melihat kemandirian Shina dan tanggung jawab atas keputusannya.

Kegiatan ke empat, merapihkan kamar adalah kegiatan pilihan Shina dan adik perempuannya, kegiatan ini juga sudah mereka lakukan dan biasanya kamar mereka tidak terlalu rapih, bahkan hanya berpindah tempat yang rapih dan tidak rapihnya karena mereka lakukan sambil bermain. Aku berharap pada kegiatan ini Shina dapat bekerja sama dengan adiknya dan dapat menjadi contoh yang baik.

Kegiatan yang lainnya juga merupakan kegiatan lanjutan, tapi menurut pengamatan ku, kegiatan ini sudah baik mereka lakukan kecuali mengaji yang memang mereka lakukan setelah shalat magrib sehingga tidak ada alasan untuk terlewatkan.

Hari ini, Shina mempersiapkan kertas kegiatannya sendiri bersama adiknya. Setiap kegiatan selesai dilakukan secara mandiri, mereka boleh memberi stempel pada kolom kotak kegiatan, jika tidak melakukan kegiatan maka tidak mendapat stempel. Kolom dibuat pertanggal. Hari ini aku menekankan pada mereka tetang kejujuran dalam mengisi kertas kegiatan, karen itu aku biarkan mereka melakukan sendiri.

๐Ÿ”–Kegiatan pada hari pertama Shina

Shalat masih ashar terlewat karena memang aku sengaja tidak mengingatkan, sedangkakn isya karena Shina tertidur. Shina sempat marah karena aku tidak mengingatkan, aku kemudian menjelaskan kalau mulai hari ini, dia harus mendengar adzan dan bergegas shalat, bukan aku sebagai pengingat melainkan suara adzan.

Mencuci sendiri juga tidak dilakukan, Shina memang kurang suka kegiatan ini, sepertinya dia merapel tugas ini.

Belajar sendiri telah dilakukan pada siang hari, tetapi sepertinya Shina lupa memberi stempel, dan aku sengaja membiarkan.


Merapihkan kamar biasa dilakukan sehabis shalat dhuhur. Pagi hari Shina hanya membereskan sekedernya saja seperti melipat selimut, merapihkan bantal dan sprey.
Merapihkan pakaian ke dalam lemari juga dilakukan setelah shalat dhuhur. Kedua kegiatan ini masih sering harus diingatkan, seperti hari ini.

๐ŸŒ„๐Ÿœ๐ŸŒ‡๐ŸŒƒ๐ŸŒ†☉☉☉☉☉☉☉๐ŸŒ„๐Ÿœ๐ŸŒ‡๐ŸŒƒ๐ŸŒ†

#Haripertama
#Tantangan10Hari
#Level2
#KuliahBunSayIIP
#MelatihKemandirian

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengulang yang Kemarin