ReStart Bunda Sayang

🌷🐣🌷G Sayang🌷🐣🌷

🎯Level 1
TANTANGAN 10 HARI KOMUNIKASIßl4 PRODUKTIF

💙 Hari Ke - 6

↩ ReStart ↩

Hari ini, seperti memulai dari awal kembali. Shafaa menunda mandi pagi,
“Shafaa ayo mandi” kataku.
Shafaa tak bergeming.
“Shafaa.. jarum panjang diangka lima, mandi yaa” kataku kembali.
Shafaa tidak berubah.
Terdengar suara papanya berjalan kearah kami, Shafaa bergegas mengambil handuk dan menuju kamar mandi.
🌝🌝🌝🌝🌝

Pulang sekolah aku mengajak Shafaa ke bank yang berada dalam lokasi Universitas Patimura Ambon. Sepanjang jalan aku mencoba menggunakan kalimat observasi untuk menanyakan hobi jajannya, karena aku melihat coklat yang tertempel dibaju seragamnya. Ternyata cukup sulit memcari kalimat yang tepat,
“Jajan enak ya?” akhirnya kalimat ini yang kupilih.
Shafaa tersenyum sambil menatapku berbinar.
“Enak ya” kembali aku katakan.
Shafaa jalan sambil berlompat kecil.
“Shafaa suka jajan ya, apanya yang disuka?” tanya ku sambil senyum.
“Suka.. kan rame-rame sama teman” jawab Shafaa senang.
“Jajan kuning enak ya?” aku bertanya.
Shafaa menggeleng dan menyebut satu nama biskuit coklat.
“Loh kan di rumah sudah ada” lanjutku
“Beda isinya ma, di sekolah isi 2” kata Shafaa.
“Teman lain beli juga?” aku penasaran.
Shafaa mengangguk sambil terus jalan berloncat.
Ternyata yang disuka Shafaa adalah rame-rame bersama temannya. Aku pun bingung.
🌝🌝🌝🌝🌝

Waktu belajar dikte, aku menyebut kalimat dan Shafaa menulis di papan tulis. Setelah selesai 5 kalimat dengan koreksi 2 kali, pelajaran dikte selesai.
“dapat nilai berapa ma?” tanya Shafaa
“ 80 ” jawabku
“Betul semua kok dapat delapan” Shafaa protes.
“tadi kan ada yang diperbaiki” jawabku
Shafaa merajuk, sambil cemberut ia meninggalkan papan tulis.
Sehabis makan malam aku mencoba menjelaskan mengapa aku memberi nilai 80.
“tapikan sudah dibetulkan ma…” protes Shafaa.
🌝🌝🌝🌝🌝

Waktu tidur tiba, Shafaa sudah membawa sebuah buku untuk aku baca berjudul “Tikus Kecil, Aku Menyayangimu” yang berisi contoh bentuk kasih sayang beberapa induk hewan kepada anaknya. Aku langsung mengambil kesempatan dan berkata “Semua yang induk binatang buat itu, karena sayang sama anaknya, sama seperti mama sayang sama Shafaa” setelah itu Shafaa tertidur. 💖

💙Hal menarik dalam berkomunikasi hari ini?
📌Tantangannya tambah menarik
📌Kembali ke awal seperti mengerjakan ulangan sekolah.
📌Aku mencoba untuk tetap fokus ke depan, bukan masa lalu.
📌Setiap hari selalu ada moment yang berkaitan dengan tantangan yang aku hadapi  dan aku sangat bersyukur untuk itu. 😍😍

💙Perubahan yang buat hari ini dalam berkomunikasi?
📌Hari ini menggunakan real “Eye Contact”
📌Aku bisa mengerti alasan kenapa Shafaa sering jajan di sekolah.
📌Hasil dari komunikasi adalah tanggung jawab komunikator, si pemberi pesan... aku merasakannya hari ini. Kembali ke awal membuat tambah semangat untuk memcoba lagi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengulang yang Kemarin